18/09/07

Membangun bisnis online sendiri

langkah-langkahnya.

A. Temukan Produk yang akan Anda jual.

Inilah langkah pertama anda sebelum membuat website, fokuskan dulu ke produk anda, kira-kira apa yang akan anda jual , apa itu software ?, informasi (ebook ) , atau situs jasa seperti , jasa iklan, biro jodoh, informasi cheat online, dan lain-lain.

B. Temukan Pasar nya

Jangan sampai membikin produk yang gak ada peminatnya, anda sudah menemukan produk yang akan anda jual, kira-kira siapa target pasar anda ? , apakah ada yang akan membeli produk anda ? , apakah produk anda benarbenar di butuhkan oleh mereka ?


C. Promosikan Bisnis Anda,

Untuk mempromosikan bisnis anda juga cukup gampang , ada banyak situs iklan baris gratis, kirim email ke teman-teman anda, informasikan ke mereka tentang produk anda.

Berikut daftar keunggulan berbisnis melalui internet :

• Beroperasi 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 365 hari pertahun

• Bebas dari resiko penjarahan, kebakaran ataupun pencurian yang sering terjadi pada bisnis-bisnis konvensional

• Tidak membutuhkan banyak karyawan

• Pemasukan yang di dapat sangat tidak terduga

• Memulai bisnis di internet pun juga tidak membutuhkan biaya yang mahal, yang anda butuhkan hanyalah, sebuah produk, domain, hosting, design situs yang menarik, dan sedikit kemampuan computer

Beberapa hal yang di perlukan untuk memulai bisnis online sendiri

Produk

Saat ini orang sudah bisa memesan pizza melalui telepon, bisa jadi nantinya orang akan memesan pizza melalui internet. Atau Produk apa saja yang Anda kira bisa Anda jual melalui Internet.

Domain

Jika di bandingkan dengan bisnis konvensional, domain adalah nama toko anda atau alamat toko anda, misalnya jika kita mau ke mall, maka kita harus tahu alamatnya, atau naik taksi untuk sampai ke mall tersebut, namun di internet, kita hanya perlu mengetikkan www.DomainAnda.com maka dengan seketika kita sudah sampai di toko dimaksud.

Hosting

Jika dibandingkan dengan bisnis konvesional, hosting adalah tempat usaha anda semisal ruko, kantor, atau tempat dimana anda menaruh barang-barang dagangan anda.

Merchant Account

Merchant Account, sangat di perlukan jika Anda ingin menerima pembayaran melalui kartu kredit maupun online check di situs Anda. Dengan kata lain situs Anda menerima pembayaran dengan kartu kredit maupun online check.

Tidak berbeda dengan di mall-mall, di mana jika kita membeli barang dan membayar dengan kartu kredit, maka kasir akan meminta kartu kredit kita untuk di gesekan di mesin pemproses. Di internet, jika customer berniat membayar dengan kartu kredit , maka cukup memasukkan data-data kartu kredit semisal nama, alamat, nomor kartu dan lain-lain.

atau anda bisa menggunakan Bank lokal seperti bank BCA , Bank Mandiri, Bank Permata, Bank Niaga, dan bank bank lainnya, untuk menerima pembayaran atas produk / servis yang anda jual di situs anda.

Bagian Penting Situs Anda yang harus di perhatikan

Sampai di sini , saya asumsikan anda sudah memiliki :

• Domain : sebagai alamat toko anda,

• Hosting : sebagai tempat menyimpan data situs anda,

• Autoresponder : sebagai mesin penjawab otomatis,

• Merchant account : untuk menerima pembayaran dari situs anda

Namun ada yang lebih penting selain account - account di atas, yakni bagian bagian dari website anda. ada beberapa hal yang penting yang harus anda perhatikan, agar orang yang mengunjungi situs anda mau membeli produk atau servis yang anda tawarkan.

antara lain :

1. Headline

Banyak situs yang saya jumpai tidak memiliki headline, atau sebuah kata pembuka yang mampu menarik visitor untuk membaca lebih jauh tentang isi situs yang di kunjungi.

Rata-rata situs yang saya jumpai hanya memiliki kalimat "Selamat datang di situs bla..bla.com ", atau memiliki puluhan link-link lainnya, yang pada intinya akan membawa visitor tersebut keluar dari situs yang di kunjungi nya.

Begitu penting kah Headline...?

Tentu saja,

Berdasarkan pengalaman saya , situs yang tidak memiliki Headline, tidak mampu menahan visitor untuk lebih lama berada, atau membaca isi situs secara keseluruhan. Belum lagi jika di sertai banyak link-link ke situs lain yang ujung ujungnya membikin bingung visitor.

Pada prinsipnya sang admin hanya mempunyai waktu 3 detik untuk menarik perhatian visitor yang datang ke situs nya. jika pada awal nya saja mereka ( visitor ) tidak tertarik dengan headline, dengan cepat mereka akan langsung menutup windows browser mereka, dan mencari situs-situs lainnya. Situs yang lebih mampu menarik perhatian mereka.

Misalnya saja ada 2 situs , yang satunya memiliki headline "Selamat Datang di situs saya...." dan satunya lagi memiliki headline " 100.000 perokok meninggal setiap tahunnya".

Kira-kira, menurut Anda, situs mana yang lebih potensial untuk lebih lama di kunjungi dan dibaca isinya...?

Yah, Anda benar, Yakni situs yang memiliki Headline " 100.000 perokok meninggal setiap tahunnya".

Karena headline seperti itu benar-benar menarik perhatian visitor dari pada situs satunya tadi.

Saya sendiri pernah mengalami,

pada saat saya sedang berjalan-jalan di trotoar, awal mulanya saya tidak berniat membeli koran , namun secara sepintas saya melihat pedagang koran kaki lima, di salah satu koran yang di pajang ada berita yang berjudul " Artis terkenal di gelandang ke polsek karena kasus narkoba " , ketika saya membaca Headline (judul berita) saya langsung menghentikan langkah kaki saya, menghampiri penjual, dan membeli koran tersebut.

Karena Headline ( judul berita ) tersebut benar-benar menarik perhatian saya, dan membuat saya ingin tahu isi berita secara keseluruhan.

TEPAT...!!! itu lah fungsi Headline.

Headline di situs Anda seharusnya mampu menghentikan semua kegiatan visitor dari kegiatan browsing, surfing, chating, dll , menarik perhatiannya, terfokus pada situs Anda, dan mulai membaca isi situs Anda secara keseluruhan.

Headline adalah judul dari situs Anda, karena itu bikinlah headline semenarik mungkin.

2. Terangkan benefit/ keuntungan membeli produk atau jasa anda

Pada saat anda membikin sebuah website , tanyakan : kenapa saya harus membeli produk dari anda ?, apa keuntungan membeli produk ini ? , apalagi fasilitas-fasilitas tambahan lainnya ? berpikirlah sebagai seorang pembeli.

3. Gunakan kata-kata yang bersahabat ( personality)

Gunakan kata-kata saya, dan bukan kami. jadilah apa adanya, terangkan siapa diri anda, bila perlu pasang photo anda, atau tanda tangan grafik.

4. Masukan testimonial.

Testimonial adalah "komentar yang baik dari pelanggan lama atas produk anda. testimonial harus spesifik, seperti : hari, berat , score, hasil, ataupun lainnya.

5. Garansi Atas Produk Anda.

Membeli sesuatu dari internet sangat berbahaya, karena membeli produk yang belum pernah anda lihat, dan anda kemungkinan besar belum mengetahui siapa yang menjual karena itu pasanglah garansi. tawarkan garansi 90 hari, 180 hari atas produk anda atau lainnya jika bisa.

6. Keunikan website anda.

Tanyakan, apa yang membuat situs anda berbeda dari situs-situs lainnya ? , atau produk dari competitor anda ?

Biasanya antara lain :

Harga

Jika anda menjual produk yang sama, namun dengan harga yang lebih murah dari competitor anda, maka di pastikan tingkat penjualan dari situs anda lebih baik dari kompetitor anda.

Kualitas yang baik

Anda bisa fokus ke kualitas , untuk exlusive market. seperti mobil mercy. Orang membeli mobil mercy tidak memperhatikan harga, tapi kualitas dan symbol status.

Waktu garansi yang lebih banyak dari kompetitor.

Jika anda menjual produk, dan memberikan garansi yang lebih lama, maka akan mendapat perhatian lebih dari pengunjung. karena mereka yakin anda menjual produk yang bagus, di karenakan anda berani memberi garansi yang lebih lama dari kompetitor anda.

Berikan demonstrasi mengenai jasa & produk anda.

Berikan free trial atas produk anda, seperti coba 1 kali gratis. / jika mungkin, biasanya jika yang di jual adalah produk software

Bonus yang lebih banyak.

Berikan nilai yang lebih tinggi jika membeli produk dari anda di bandingkan jika membeli dari competitor.

Customer service 24 jam.

Jika mereka ada masalah mengenai produk anda, atau perlu menanyakan sesuatu. dengan adanya fasilitas customer services 24 jam, maka akan nilai tambah di mata pengunjung anda.

Pilihan yang lebih banyak.

Jika ada satu perusahaan yang menjual 2 warna dalam 1 produk, maka anda bisa menawarkan 27 warna dalam 15 model.

Updates program

Ini adalah basis marketing dari penjualan komputer. jika anda membeli program komputer hari ini, maka 1 tahun lagi anda kemungkinan akan mengupdate dan software komputer yg lebih baru.

Market yg lebih spesifik.

Website yg unik, memiliki spesifik market yg jelas, bisa tentang golf, real estate, services SEO, ataupun lainnya.

Service yg lebih cepat.

Jangan buat produk anda membutuhkan waktu yg lama untuk sampai ke tangan customer. kita hidup di jaman modern sekarang, kita ingin lebih cepat. jika anda menjual produk, kemudian membutuhkan waktu 1 atau 2 minggu untuk sampai ke customer, di pastikan customer akan membeli di tempat lain.

Mempromosikan Bisnis Anda.

1. Mempromosikan situs Anda ke mesin pencari ( search engine )

Kebanyakan situs mendapatkan pengunjung dari mesin pencari seperti : google.com , overture.com, dll. adapun cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan yellow pages, di mana ketika kita mencari sesuatu , kita harus melihat daftar halaman atau judul barang yang ingin kita cari.

Di search engine, seperti yahoo, google, Anda hanya mengetikan kata yang ingin Anda cari.

Misal : Anda sedang mencari mobil , maka Anda hanya perlu mengetikan kata " beli mobil" di search engine yang bersangkutan. maka dengan seketika mesin pencari tersebut menampilkan daftar situs yang menjual mobil.

Jika website anda bisa berada dalam urutan 1 sampai 20 untuk kata-kata yang paling sering di cari orang, maka ini adalah promosi gratis untuk anda. Website saya sendiri pengunjung terbanyaknya berasal dari google.

2. Banner/link Exchange.

Anda bisa mendapatkan traffic / pengunjung dengan bekerja sama dengan situs lain untuk saling mempromosikan situs masing-masing. Dengan kata lain, Anda mempromosikan situs teman Anda, dan teman Anda mempromosikan situs Anda

3. Pemasangan Iklan di Overture.com / pay per click.

Fungsinya sama dengan mesin pencari biasa, cuma bedanya servis ini memungut bayaran. caranya tidak lain dengan : Anda memilih "kata kunci" yang anda pasang, kemudian siapapun yang mencari " kata kunci" tersebut, situs Anda akan berada di urutan teratas. dan Anda hanya di pungut bayaran jika situs anda di klik di mesin pencari tersebut.

Misal : Anda berani membayar $1 / klik, dengan kata kunci "buku", maka siapapun yang mencari buku akan melihat situs anda di halaman awal, Anda hanya di pungut bayaran $1 jika ada yang meng klik situs Anda. Semakin tinggi anda membayar per klik, semakin bisa situs anda berada di urutan Nomor satu, di mesin pencari yang bersangkutan.

namun jangan gegabah untuk menggunakan servis ini, jika Anda tidak siap dana, bisa-bisa mengakibatkan defisit yang tidak terhingga, Andaikan saja anda memasang $1 per klik, dan yang men klik situs anda berjumlah 1000 orang , maka total yang tagihan yang harus Anda bayar di mesin pencari tersebut adalah :

$1 x 1000 klik = $1000

Namun jika situs anda sudah mendapatkan rangking untuk kata-kata tertentu, servis ini tidak anda perlukan lagi.

4. Iklan baris

Memasang iklan baris tentu bisa jadi alternatif, namun jeleknya jika orang yang memasang iklan lagi, maka iklan anda akan turun peringkatnya

5. Forum

Jika anda aktif memberikan komentar di suatu forum, seperti forum mailinglist atau yang lain , ada baiknya menulis alamat situs anda di bagian akhir salam anda dengan begini jika orang membaca komentar anda di forum tersebut , maka dia akan membaca juga alamat situs anda.

6. Email.

Inilah sarana paling mudah untuk mempromosikan bisnis anda, yakni dengan email. namun jangan sekali-kali melakukan spam ( atau mengirim ke email orang yang tidak anda kenal ).

Beberapa kesalahan yang menghancurkan Bisnis Online Anda.

1. Tidak punya rencana jangka panjang untuk website yang di bikin.

Seringkali Saya melihat situs-situs baru yang gencar mempromosikan produknya, kemudian dalam 5 atau 9 bulan tiba-tiba menghilang, tidak pernah melakukan promosi lagi, dan lebih ironisnya situs mereka sudah tidak bisa di akses.

Hal yang penting ketika Anda membangun sebuah bisnis adalah merencanakan, seperti produk apa yang mau di jual, siapa saja target pasar nya atau pembeli potensial, kemudian di mana mempromosikannya. Jika sebuah bisnis online tidak punya rencana-rencana seperti ini, bisa di pastikan bisnis nya hanya seumur jagung. dalam artian tidak bertahan lama.

Untuk itulah jika Anda serius ingin membangun bisnis online, yang pertama anda harus punya rencana. Produk , Target Pasar, dan Promosi.

2. Salah memilih produk yang akan anda jual.

Kesalahan kedua dari situs-situs yang "jatuh" adalah mereka menjual produk dan jasa yang tidak tepat. Mereka mengetahui produk yang mereka coba jual bisa di dapat dengan harga yang lebih murah di tempat-tempat lain , namun mereka menjual nya dengan harga lebih mahal. tentu saja produk mereka tidak laku.

3. Website Tidak punya keunikan tersendiri

Apa yang membuat bisnis online anda berbeda dengan yang lain ? Harga yang lebih murah ? , servis yang cepat ?, Atau ? . jika bisnis online anda tidak mempunyai keunikan yang membuat berbeda dengan yang lain, Bisnis online anda akan kalah saing dengan situs lain

Mudah-mudahan informasi ini berguna untuk anda....!

9 komentar:

Admin mengatakan...

saya udah bangun bisnis saya sendiri mas, bisa dicek di http://uangpanas.com =)

anyway, mari tukeran link...

saya sudah pasang link ke sini di 2 tempat, harap di-link back =)

1/ http://lowongankerja87.com >> harap link dgn text "lowongan kerja terbaru"


2/ http://uangpanas.com >> harap dilink dgn text "lowongan kerja sambilan"

ditunggu sekali link balasannya. Makasih =)

Rudy mengatakan...

untuk mendapatkan berbagai artikel tips berbisnis online, silahkan kunjungi website saya www.rudywebdesign.com

salam,
Rudy
087878241166
www.rudywebdesign.com

sutard mengatakan...

Terima kasih, artikelnya sangat bermanfaat sekali. Mohon lebih sering diupdate.


Salam
Sutardi
HP. 08129950652
http://hp-atm-2009.tk





========================================
Penawaran hp menjadi ATM
Klik saja http://hp-atm-2009.tk
========================================

Indahnya Berbagi mengatakan...

Wah kayaknya sudah pada jago berbisnis nih.. main juga ke blog saya donk. hehe...

Membangun Bisnis Online mengatakan...

Nah ini blog kayak gini yang saya cari. kebetulan saya ingin menjalankan bisnis online dengan menggunakan yang gratisan tapi bisa menghasilkan uang. Tapi saya sendiri belum menemukan trick nya boss, mohon di kasih pelajaan nih..

Btw, thanks dah sharing

sharing ideas online mengatakan...

Tips nya bagus sekali. bisa untuk belajar. Kelihatannya anda sudah sukses nih...Boleh dong bagi2 ilmunya

cindy mengatakan...

wah cocok neh artikel saolnya saya juga baru pengen belajar neh online business secara cari kerja skrg susah buanget

Bisnis Newbie mengatakan...

Infonya komplit banget!! langsung saya terapkan dah... tapi saya mau fokus pada trafik dulu bos.. gimana menurut ente..??

Pedagang Melayu Berbisnis Online mengatakan...

Saya baru memulai membangun bisnis online sebulan yang lalu ..tulisannya sangat membantu saya dalam langkah2 selanjutnya..terima kasih

In the News

Quote of the Day