14/11/10

Tanda atau Ciri Komponen Komputer Rusak

processor rusak
PC mati total sudah tidak bisa nyala sama skali atau klo terlalu kepanasan
saat sedang berjalan PC langsung mati jika di nyalakan langsung pun hanya sebentar kemudian mati lagi, agar tidak terlalu panas processornya slalu membersikan debu di heatsink/kipas processor

memory Ram rusak
tiba tiba Blue Screen of Death
Random crash atau Blue Screen of Death dengan pesan berbeda/acak selama menjalankan XP.
terjadi gangguan saat menjalankan applikasi yg membutuhkan banyak memory Kegagalan ketika boot. Hal ini dapat disertai dengan berbunyi ‘bip’ panjang berulang-ulang,
yang merupakan kode bip BIOS untuk masalah memori. Dalam hal ini, Anda tidak dapat menguji
memori dengan perangkat lunak diagnostik, sehingga satu-satunya pilihan Anda adalah pengujian
dengan pengganti. tipsnya jika memory keliatan kotor bersihkan dengan penghapus pensil pada kaki-kaki memory

hardisk rusak
lemot saat booting windows
adanya badsector
Sering terjadi crash tapi tidak beraturan, terutama saat boot up Windows.
Pesan kesalahan yang sering dan samar ketika melakukan kegiatan khusus seperti memindahkan file.
Nama Folder dan file yang menjadi scrambled dan berubah.
Hilangnya file dan folder tertentu.
Menunggu sangat lama untuk mengakses folder dan file.
Hard disk tidak bereaksi untuk waktu yang lama setelah Anda meminta data dengan membuka file atau folder.
Output yang kacau dari pencetakan atau file terbuka.
Muncul bunyi (semacam denging) yang sangat bising dalam Hard drive

vga rusak
terjadinya bunyi beep panjang saat mulai menyalakan PC
adanya garis-garis misterius di tampilan monitor anda
terjadi hang jika membuka vidio atau game
biasa selalu ada masalah dalam tampilan di monitor anda
coba anda bersikan pin2 vga

motherboard rusak
gejalanya hampir sama dengan processor
PC anda seperti kurang daya jika dinyalakan dan kadang2 tidak mau hidup sama sekali
penyebab kerusakan yg sering terjadi akibat daya listrik anda yg tidak stabil
kerusakan biasanya pada capasitor yg bocor atau sudah berkarat
jika tampilan depan tidak ada yg mencurigakan, coba liat belakang mungkin ada yg kebakar atau kaki-kai komponen yg terlepas dari solderannya

power suplay
tanda2 awal kurangnya daya, sehingga PC suka mati tiba2
PC mati total tidak hidup sama sekali

tips: periksa perkabelannya
cobalah membersikan komponen2 PC dgn menghilakan debu,cabut pasang lagi komponen2 PC
mungkin masalahnya hanya kotor atau ada yg kendor
jika masih blom yakin dengan kerusakan hardware PC, jangan membeli dahulu
pinjam hardware teman jika ada

6 komentar:

Ferdinand mengatakan...

Hiks... kayaknya memory Ram ane yang rusak... maturnuwun infonya gan...

nato mengatakan...

bro mw nanya
pc aku nh suka lag lag
itu kenapa yach padahal baru d dekstop sj udah lag" trus aku putar lagu jalan sih tapi setiap 2 dtk selalu lag lag
kira kira kenapa tuh???????

nato mengatakan...

bro pc aku suka lag" tuh kenapa ya?????
padahal baru d dekstop sj n gak ad folder or apps yang d buka
thanks atas balasannya

Adi Rismianto mengatakan...

kalau mouse eksternal dan tuchpad sering macet apa solusinya, GAN

Adi Rismianto mengatakan...

apa solusinya Gan kalau tuchpad dan mouse eksternal sering macet ?

Merakit Komputer mengatakan...

Terimakasih informasinya.

In the News

Quote of the Day