14/08/07

Komunitas bagi Kesuksesan Bisnis di Internet

Beberapa cara agar komunitas terbangun dengan optimal ? cara yang bisa dilakukan. Yaitu :

  1. Optimalisasi Forum diskusi

Ikutlah bergabung dalam grup atau situs komunitas yang dilengkapi dengan fasilitas Forum Diskusi. Di forum tersebut setiap anggota bebas berdiskusi secara interaktif. Disinilah semua pertanyaan dan ide-ide bisa tertuang. Dengan rajinnya kita berdiskusi, tentu akan sangat membantu kita untuk mengembangkan kemampuan bisnis kita. Secara tidak langsung kita akan bertemu dengan orang-orang atau bahkan perusahaan yang “se-aliran” dengan kita. Sehingga tidak mustahil jika dari hal tsb akan tercipta deal-deal bisnis.


2. Optimalisasi Email

Email akan sangat berfungsi secara optimal kalau kita rajin merespon email yang masuk. Seperti halnya pembicaraan lisan, akan sangat menarik kalau kita responsive terhadap email yang masuk. Dengan mengoptimalisasikan email tsb akan tampak sekali jam terbang kita di internet. Dan itu akan memperkuat public image kepada Anda dan tentu perusahaan Anda.
Dan yang tak kalah pentingnya, Anda juga harus memulai membuat penawaran-penawaran online via email. Sebab itu juga akan sangat menguntungkan bagi Anda baik secara financial dan juga bagi image perusahaan Anda.


3. Promosikan situs Anda

Di alam nyata, bukan di dunia cyber, promosi sangat penting untuk memperkenalkan produk Anda. Demikian juga di Internet. Dengan promosi yang gencar dan sangat cerdik, akan sangat membantu Anda untuk mempercepat mendatangkan order. Sebab sampai saat ini, belum pernah ada seorang pengusaha yang hanya duduk nongkrong di depan komputernya tiba-tiba mendapatkan pesanan yang sangat menarik lewat emailnya jika tidak dipromosikan dengan baik.

Promosi tsb tidak perlu mahal dengan memasang pada iklan baris harian pagi atau di televisi. Cukup anda pasang di kartu nama, atau Anda pasang di mobil box operasional Anda, semua orang sudah penasaran dengan besarnya order yang Anda miliki. Disamping kemampuan Anda untuk menjelaskan kepada mitra bisnis Anda tentang apa yang ada di situs anda tersebut. Misalnya dengan cara menarik mereka untuk membaca profil Anda di internet atau mengajak mereka melihat produk-produk Anda di catalog online.

4. Tampilkan produk Anda semenarik mungkin

Tampilkan produk Anda semenarik mungkin dengan foto yang menarik dan informasi yang akurat. Karena hal itu akan memberikan Anda seorang pembeli yang spesifik dan benar-benar membutuhkan produk yang anda buat.

5. Tuliskan kontak person dengan jelas

Tuliskan kontak person yang bisa dihubungi dengan jelas sehingga setiap informasi atau kontak yang masuk bisa ditangani dengan baik. Tentu Anda tahu betul fungsinya bahwa itu akan mengarahkan pembeli Anda pada sasaran yang tepat bila hendak berurusan dengan Anda.

6. Kenalkan perusahaan anda

Anda harus rajin-rajin untuk mengenalkan perusahaan Anda kepada mitra Anda. Baik melalui internet maupun melalui cara lisan. Khusus dengan internet Anda harus menggabungkan poin 2,3,4,5 sekaligus.


7. Kenali perusahaan mitra dan klien Anda

Yang tak kalah pentingnya adalah pengenalan Anda terhadap perusahaan mitra atau perusahaan klien. Tentu layanan dan support Anda akan berbeda terhadap mitra dengan terhadap klien. Sebab jika hal itu disamakan, maka jaringan bisnis yang akan Anda bentuk akan mubazir. Sebab ibarat perang anda tidak bisa mengenali mana lawan mana kawan. Sehingga Anda akan bingung pula, apakah mitra akan Anda “kuras” ordernya atau klien anda beri diskon.

Selamat mencoba semoga sukses


1 komentar:

Anonim mengatakan...

membangun kredibilitas melalui konten yang bermutu juga sangat penting..thanks sharing ilmunya

In the News

Quote of the Day